Bawang merah

Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto dan sup menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangka.bawang goreng merupakan bumbu yang paling sering di gunakan orang indonesia untuk membuat masakan.
Bawang merah di pasarBawang merah atau Brambang (Allium ascalonicum L.) adalah nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.


Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas.

Manfaat

Umbi bawang merah dan bawang bombay dikenal dapat menginduksi keluarnya air mata apabila diiris. Hal ini disebabkan reaksi berantai yang terjadi dalam sel-sel umbinya. Apabila umbi lapis diiris, sel-selnya akan pecah dan melepaskan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya. Dua senyawa yang terlepas di antaranya adalah enzim allinase and asam amino. Allinase yang bertemu dengan asam amino yang mengandung belerang (sulfoksida, yaitu sistein dan metionin) akan melepaskan asam sulfenat (R-SOH). Asam sulfenat bersifat tidak stabil dan segera berubah menjadi tiosulfinat [R-S(O)-S-R']. Tiosulfinatlah yang bertanggung jawab atas aroma khas bawang. Selain menjadi tiosulfinat, asam sulfenat yang bertemu dengan enzim lain, LF-sintase (LF singkatan dari lacrymatory factor: "faktor air mata"), akan diubah menjadi syn-propanethial-S-oxide yang berwujud gas. Apabila gas ini mengenai kornea mata, signal dikirim sebagai gangguan pada mata dan mata akan berkedip-kedip serta mengeluarkan air mata untuk "mengusir" pengganggu ini.


Engglish



Red onion or brambang (Allium ascalonicum L.) is the name of the plant family Alliaceae and the name of the tubers produced. Bulbs of the onion crop is a main ingredient for seasoning base Indonesian cuisine.


Shallots are tuber crops and have a layered. Plants have root fibers, with a hollow cylindrical leaves. Tubers are formed from the base of the leaf which unite and form a stem that change shape and function, enlarged and form a layered bulb. Shallot bulbs are formed from layers of leaves that enlarged and united. Shallot bulbs are not true bulbs such as potato or taro.

Benefits
Fried onions are thinly sliced red onion and fried with a lot of cooking oil. In general, Indonesian cuisine in the form of soup and fried onion soup to use as flavoring when cooking dihidangka.bawang is the spice most often used Indonesian people to make the dish.

Bawang merah di pasarBulbs shallots and onions are known to induce the release of tears when sliced.This caused a
 chain reaction that occurs in cells of the tuber. If the bulb was sliced, the cells will rupture and release various compounds contained in them.Two compounds that regardless of whom is allinase enzymes and amino acids.Allinase who met with sulfur-containing amino acids (sulfoxideltetrahydrofuran, namely cysteine and methionine) will release sulfenat acid (R-SOH). Sulfenat acid is unstable and quickly turned into tiosulfinat [RS (O)-S-R ']. Tiosulfinatlah responsible for the distinctive smell of onions. In addition to being tiosulfinat, acid sulfenat who met with other enzymes, LF-synthase (LF stands for lacrymatory factor: "tear factor"), will be converted into syn-propanethial-S-oxide gas tangible. If this gas on the cornea, the signal is sent as a disturbance in the eye and the eye will blink and shed tears for "drive out" these bullies.